Pemerintah Desa Pasir menggelar upacara peringatan HUT RI ke-74 di Lapangan Desa Pasir pagi ini, Sabtu (17/8/2019). Kepala Desa Pasir, Dimul Susanto menjadi inspektur dalam upacara peringatan HUT RI ke-74 tersebut.

Upacara tersebut diikuti  oleh jajaran pemerintah Desa Pasir, PKK, Karang Taruna, RT/RW, Lembaga Desa, guru dan siswa PAUD, RA, guru dan siswa SD N 01 dan 02 Pasir, serta dari MTs Daarul Istiqomah Pasir. Ormas Agama NU, Ansor, dan Banser pun tidak ketinggalan mengikuti jalannya upacara. Upacara semakin khidmat dengan dihadiri oleh seluruh lapisan masyarakat Desa Pasir.

Bertindak sebagai komandan upacara, M. Abdul Rozak siswa kelas 8 MTs Daarul Istiqomah Pasir memimpin jalannya upacara dengan apik. Selain Rozak, siswa MTs yang lain pun bertugas sebagai pengibar bendera, pembawa acara dan pembaca UUD.  Sementara itu, kader PKK bertugas sebagai paduan suara.

Dalam sambutannya, inspektur upacara Dimul Susanto menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat Desa Pasir yang telah mengikuti upacara dengan khidmat. Menurutnya, upacara tersebut merupakan bentuk kesadaran sebagai warga negara dalam mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur membela tanah air.

“ Mari kita bersama-sama mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur. Upacara HUT RI ini merupakan cara kita menghargai jasa para pahlawan yang telah gugur di medan perang.”  Ujar Dimul Susanto dalam sambutannya.

Dalam sambutannya tersebut Dimul juga mengajak agar tahun depan seluruh masyarakat Desa Pasir dapat menyelenggarakan upacara HUT RI. Tahun 2019 ini merupakan tahun ke 2 Pemerintah Desa Pasir menyelenggarakan Upacara HUT RI, setelah di tahun 2018 kemarin juga di adakan upacara serupa.

“Saya berharap, tahun depan kita masih tetap melaksanakan upacara bendera HUT RI. Mari kita bersama-sama senantiasa menjadi warga negara yang baik dengan selalu mengenang jasa para pahlawan.” tambah Dimul

Lebih lanjut dalam sambutannya, Dimul Susanto memberikan apresiasi kepada para petugas yang telah menjalankan tugasnya dengan baik. Khususnya kepada MTs Daarul Istiqomah yang sebagian besar siswanya menjadi petugas. Peran tim KKN UNDIP juga tidak lupa diberikan apresiasi karena berkat kerja kerasnya melatih petugas hingga upacara dapat terlaksana dengan baik.

Upacara HUT RI ke-74 berakhir dengan di tutup pembacaan do’a oleh Husni Tamrin, selaku tokoh agama sekaligus guru agama di MTs Daarul Istiqomah Pasir.

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.