Hari ini, Rabu (31/07) Kepala Desa Pasir, Dimul Susanto hadir dalam acara Bursa Inovasi Desa (BID) dalam Program Inovasi Desa Kecamatan Bodeh tahun 2019. Kepala Desa Pasir hadir bersama ketua BPD dan KPM (Kader Pembangunan Manusia).

Bertempat di Pendopo Kecamatan Bodeh, acara dihadiri oleh seluruh kepala desa se Kecamatan Bodeh bersama BPD dan KPM. Acara dibuka oleh camat Bodeh, Dr. Mubarak Ahmad, MM.

Bursa Inovasi Desa (BID) merupakan kegiatan yang di gagas oleh Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Bodeh yang bekerja sama dengan pihak kecamatan dan pendamping desa. Kegiatan bursa tersebut menjadi rangkaian kegiatan lanjutan setelah beberapa minggu yang lalu tim TPID melaksanakan penggalian inovasi di seluruh desa se Kecamatan Bodeh.

Dalam kegiatan bursa tersebut, dipamerkan inovasi-inovasi yang ada di Kecamatan Bodeh melalui pemutaran video hasil capturing. Selain itu, dalam acara yang dihadiri oleh muspika kecamatan tersebut juga menjadi saat yang tepat bagi Kepala Desa, BPD dan KPM untuk mengusulkan inovasi yang nantinya akan di tindak lanjuti dalam musrenbangdes di desa masing-masing. Usulan tersebut kemudian masuk ke dalam kartu komitmen yang ditanda tangani oleh Kepala Desa dan BPD untuk selanjutnya akan dimasukan ke dalam RKP tahun 2020.

Kepala Desa Pasir bersama BPD dan KPM, mengusulkan inovasi yang ada di Desa Pasir berupa pengembangan kerajinan bambu dan pemanfaatan tanaman pisang. Usulan tersebut tertuang dalam kartu komitmen dan akan ditindak lanjuti pada musrenbangdes 2019.

Dimul Susanto mengaku sangat terbantu dengan adanya kegiatan Bursa Inovasi Desa. Melalui buku pembelajaran yang dibagikan saat registrasi, beliau mengaku mendapat banyak inspirasi. Banyak inovasi-inovasi yang bisa direplikasi di Desa Pasir.

“Mudah-mudahan kami dapat mereplikasi inovasi-inovasi yang dipamerkan. Tentunya itu menjadi projek jangka panjang kami. Dengan adanya kegiatan semacam ini, sangat berguna bagi kami selaku kepala desa. Saat ini banyak ide inovasi yang muncul dan akan kami musyawarahkan dengan warga kami.” Ujarnya

Selesai acara, seluruh kepala desa mendapat piagam Bursa Inovasi Desa yang diserahkan langsung oleh camat bodeh.

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.