Musrnbangkec atau Musyawarah Perencanaan Pembangunan Tingkat Kecamatan Bodeh yang dilaksanakan senin-selasa (11-12) Februari 2019, diikuti oleh delegasi masing-masing desa se Kecamatan Bodeh. Termasuk delegasi atau perwakilan dari Desa Pasir, yaitu Dimul Susanto (Unsur Kepala Desa), Ali Imron (Unsur LPMD), Sunarti (Tokoh masyarakat), Siti Robiatul Adawiyah (Unsur TP-PKK), Abdul Basit (Unsur BPD) serta Eko Gunanto (Unsur KPMD) yang turut menghadiri acara tersebut. Delegasi atau perwakilan dari Desa Pasir tersebut merupakan hasil kesepakatan dari kegiatan Musrenbangdes yang dilaksanakan beberapa bulan yang lalu.

Hadir sebagai narasumber dalam acara tersebut adalah anggota DPRD Dapil IV Kabupaten Pemalang (Bodeh, Comal, Ulujami), Bappeda Kabupaten Pemalang, Dinpermasdes Kabupaten Pemalang, DPU Kabupaten Pemalang, dan beberapa dinas terkait se Kabupaten Pemalang.

Kegiatan Musrenbang Tingkat Kecamatan. Foto : Admin Desa

Acara hari pertama berupa pembukaan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dari tamu undangan. Acara berlanjut dengan pemaparan evaluasi hasil-hasil pembangunan tahun sebelumnya yang disampaikan oleh Camat Bodeh serta pemaparan dari masing-masing narasumber, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Beberapa peserta menanyakan keluhan masing-masing desa untuk kemudian dijawab oleh narasumber.

Hari kedua, acara dilanjutkan dengan pemaparan usulan pembangunan oleh delegasi dari masing-masing desa yang selanjutnya diberikan penilaian oleh delegasi dari desa lain. Nantinya, desa dengan perolehan nilai tertinggi, usulannya tersebut akan dibawa ke Musrenbang tingkat Kabupaten.

Acara yang bertemakan “Peningkatan Pemberdayaan Masyarakat dan Budaya Asli Berdasarkan Potensi Unggulan Daerah Menuju Pemalang yang Berjatidiri” ini bertujuan untuk membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan desa yang nantinya akan menjadi  prioritas pembangunan di wilayah Kecamatan Bodeh.

Harapannya, hasil yang disepakati nantinya akan membawa dampak yang signifikan untuk desa-desa di Kecamatan Bodeh serta dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah Kecamatan Bodeh.

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.