Bertempat di Balai Desa Pasir, sebanyak 12 peserta calon perangkat desa yg telah dinyatakan lolos tes pidato dan komputer, hari ini minggu (19/11/2017) mengikuti tahap akhir seleksi pengangkatan perangkat desa. Para calon perangkat desa ini mengikuti tes tertulis yang merupakan penentu terpilih atau tidaknya mereka menjadi perangkat desa.

Acara dibuka pukul 09.00 oleh ketua panitia, sekaligus pengarahan kepada para calon mengenai mekanisme dan aturan yg harus ditaati. Setiap peserta tidak diperbolehkan membawa barang-barang seperti tas, buku, hp, maupun barang-barang lain yg tidak diperlukan. Para calon hanya diperkenankan membawa alat tulis.

Toyib, selaku sekretaris panitia menambahkan bahwa naskah soal langsung disusun saat itu juga oleh tim dari kecamatan. Dalam hal ini panitia tidak terlibat, mengingat untuk menghindari kecurigaan para peserta dan masyarakat. Adalah bapak Imron selaku kasi pemerintahan dari kecamatan didampingi beberapa anggota yang bertugas menyusun naskah soal. Tim penyusun naskah soal ini diberi waktu untuk menyusun naskah soal selama kurang lebih dua jam. Sementara itu, para calon perangkat dihimbau untuk memanfaatkan jeda waktu tersebut untuk dapat mempersiapkan segala sesuatunya.

Pukul 13.30, tes tertulis bagi calon perangkat dimulai. Meskipun dalam kondisi cuaca hujan, para peserta terlihat berkonsentrasi penuh mengerjakan soal-soal. Terlihat para saksi dari masing-masing calon ikut mengawasi jalannya ujian.

 

 

 

 

Hadir juga dalam acara ini, Camat Bodeh beserta stafnya, Polsek Bodeh dan Koramil Bodeh untuk meninjau jalannya tes tertulis ini. Camat Bodeh sempat menyapa kepada masing-masing calon sebelum ujian berlangsung. Beliau memberikan semangat kepada para calon dan berpesan bagi siapa pun yang terpilih agar tidak sombong, dan bagi calon yang gagal agar tidak berkecil hati. Karena itu semua merupakan sudah menjadi kehendak yang maha kuasa.

Ujian selesai pukul 15.30, kemudian dilanjutkan dengan pengoreksian hasil oleh panitia dan disaksikan oleh saksi beserta masyarakat setempat.

Setelah diperoleh hasil dari masing-masing peserta, panitia kemudian mengumumkan secara resmi calon peserta yang terpilih menjadi perangkat desa, disaksikan seluruh warga yang turut menghadiri.  Acara kemudian ditutup dengan sambutan dari ketua panitia dan tim penyusun naskah soal, dilanjutkan dengan bersalaman bersama-sama seluruh jajaran panitia, peserta,  saksi, dan beberapa masyarakat yang menghadiri acara ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.