Pembangunan gedung polindes atau pondok bersalin desa telah mencapai 65%. . Pembangunan yang dilaksanakan pada bulan Agutus  ini sepenuhnya dibiayai menggunakan Dana Desa sebesar Rp 201.350.000,00.

Keberadaan gedung polindes ini diharapkan dapat meningkatkan taraf kesehatan masyarakat, khususnya ibu-ibu yang akan melakukan persalinan, sehingga mereka tidak perlu jauh-jauh datang ke puskesmas ataupun rumah sakit, mengingat akses ke puskesmas atau rumah sakit bisa dikatakan jauh. Puskesmas di Kecamatan berjarak lebih  dari 15 km.

Fungsi polindes ini sendiri adalah sebagai sarana pelayanan kesehatan ibu dan anak, dalam rangka menurunkan angka kematian ibu dan bayi serta kelahiran dan berbagai macam program pelayanan kesehatan lainnya. Hal ini sesuai dengan program Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), bahwa salah  satu cara untuk mempercepat penurunan angka kematian Ibu dan Anak adalah dengan meningkatkan mutu pelayanan .  Sebuah pelayanan akan baik kalau ditunjang dari sarana dan prasana Salah satu modal awal adalah dengan dibangunnya gedung polindes atau Pondok Bersalin Desa.

Pihak pemerintah desa berharap pembangunan gedung ini dapat selesai sesuai dengan target, sehingga masyarakat dapat dengan segera mendapatkan pelayanan yang baik.

“Kami akan terus berusaha memberikan pelayanan yang baik kepada warga, salah satunya pelayanan kesehatan. Semoga gedung polindes ini dapat berfungsi sebagaimana mestinya dan warga dapat merasakan manfaatnya” Ujar Sekdes Pasir Bapak Toyib.

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.