Operator Sistem Informasi Desa atau SID bersama karang taruna Pasir mengikuti bimbingan teknis Jaring Pewarta Desa di Semarang pada Rabu-Jum’at (7-9/8/2019). Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari tersebut merupakan upaya Kementerian Desa untuk mengembangkan kapasitas masyarakat desa dalam bidang jurnalistik.

Bertempat di Aston Inn Jl. Pandanaran no 40 Semarang, operator SID Desa Pasir, Slamet Haryanto dan Eko Gunanto serta Abrori perwakilan karang taruna hadir bersama perwakilan desa dari Kabupaten Pemalang yang lain, yaitu dari Desa Kandang, Desa Bulakan dan Desa Kuta. Sementara dari Kabupaten Kebumen di wakili oleh operator SID dari Desa Bejiruyung, Desa Grenggeng, Desa Adi Luhur dan Desa Jatijajar. Hadir pula dalam kegiatan tersebut Kasi PMD, Bappeda, dan Kasi Kominfo dari Kabupaten Pemalang dan Kabupaten Kebumen.

Desa-desa yang mengikuti bimbingan teknis tersebut merupakan desa yang menjadi pilot project oleh Kementerian Desa sebagai upaya mengembangkan kapasitasnya dalam bidang jurnalistik, sehingga kedepan diharapkan segala informasi yang ada di desa, dapat di informasikan secara maksimal dan tercover dengan baik melalui media informasi desa seperti website, twitter maupun sosial media.

Kegiatan hari pertama, peserta mendapat materi Prinsip jurnalisme dan Teknik Penulisan Berita yang di pandu oleh Krisno Wibowo. Dalam kesempatan tersebut, Krisno memaparkan secara gamblang bagaimana cara menulis berita yang baik serta menjelaskan kode etik dalam dunia jurnalis. Dilanjutkan oleh M. Achadi, Anton Bayu Samudra dan Tomy Widiatno Taslim, masing-masing memaparkan materi Jurnalisme online di Pedesaan, Teknik Fotografi, dan Teknik Videografi.

Pada hari ke dua, Kamis (8/8/2019) peserta melakukan praktek lapangan ke salah satu desa yang ada di Kabupaten Semarang, yaitu Desa Munding Kecamatan Bergas. Di Desa Munding, masing-masing peserta yang terbagi menjadi delapan kelompok sesuai dengan asal desa masing-masing, melakukan penggalian informasi sesuai dengan tema yang diberikan oleh panitia. Peserta dari Desa Pasir melakukan penggalian informasi berupa wawancara dan observasi ke lapangan dengan  tema Pemanfaatan Dana Desa.

Dalam kegiatan tersebut, Slamet Haryanto, Eko Gunanto dan Abrori selaku perwakilan dari Desa Pasir melakukan wawancara dengan Sekretaris Desa Munding, Mujiono. Mujiono memberikan penjelasan secara detail mengenai pemanfaatan yang ada di Desa Munding.

“Dana Desa yang dikucurkan ke Desa Munding, kami prioritaskan untuk pembangunan infrastruktur, salah satunya untuk betonisasi, selebihnya untuk pemberdayaan” ungkap Mujiono saat diwawancarai oleh tim.

Selain melakukan wawancara, tim  dari Pasir juga melakukan observasi ke lapangan dengan mengunjungi hasil pembangunan yang telah terealisasi. Hasil dari wawancara dan observasi lapangan tersebut kemudian menjadi bahan yang selanjutnya di olah menjadi bahan berita yang di presentasikan di hotel.

Hari terakhir, Jum’at (9/8/2019) peserta melakukan presentasi. Hasil dari praktek lapangan tersebut di presentasikan dalam tiga jenis berita yaitu berita narasi, berita foto dan berita video. Dalam presentasinya, perwakilan dari Desa Pasir mendapat apresiasi sekaligus kritik dan komentar dari para narasumber yang merupakan jurnalis profesional dari Yogyakarta.

Slamet Haryanto, selaku operator SID Pasir mengungkapkan, banyak manfaat yang di dapat dari kegiatan tersebut. Selain mendapat banyak ilmu baru, bertemu dengan jurnalis profesional merupakan pengalaman yang tidak terlupakan.

“Saya jadi mengerti bagaimana cara menulis berita yang baik, cara memfoto yang baik dan membuat berita video yang baik. Lebih dari itu saya menjadi banyak mengerti seperti apa dunia jurnalistik. Sungguh pengalaman yang tidak terlupakan” Kata Slamet

“Mudah-mudahan ilmu yang kami peroleh dapat kami implementasikan di Desa. Kami akan terus belajar untuk menjadi jurnalis desa yang baik dan memiliki kode etik jurnalis yang akan terus kami jadikan pegangan” tambah Abrori, selaku perwakilan karang taruna Desa Pasir.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.