Sebanyak 12 orang Mahasiswa yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Diponegoro Semarang, mengakhiri kegiatannya dengan menggelar acara perpisahan bersama warga Desa Pasir Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang, Minggu (19/8/2018).

Para mahasiswa tersebut telah melakukan KKN selama 40 hari mulai dari tanggal 10 Juli- 19 Agustus 2018 ini. Kegiatan penutupan berlangsung di Balai Desa Pasir, Kecamatan Bodeh dengan disaksikan warga setempat.

Acara perpisahan ini berlangsung khidmat dan haru. Tidak sedikit dari mereka baik mahasiswa maupun masyarakat yang terharu hingga meneteskan air mata,

Koordinator Mahasiswa KKN Desa Pasir mengatakan, bahwa masyarakat di Desa Pasir ini sangat luar biasa sambutannya terhadap Mahasiswa yang sedang melakukan KKN. Selama 40 hari mereka mengabdikan di Desa Pasir ini sudah seperti keluarga, bukan lagi teman atau saudara.

“Alhamdulillah, selama satu bulan lebih kami melakukan KKN di sini sambutan masyarakat sangat luar biasa, kami merasa sangat terbantu dengan warga disini, khususnya pemerintah desa yang selalu membantu memberikan informasi mengenai seluk beluk dan latar belakang desa. Pemuda, tokoh agama, tokoh masyarakatnya juga luar biasa,” ujarnya.

Seluruh mahasiwa KKN berharap masyarakat di Desa Pasir bisa lebih meningkatkan mutu pendidikan. “Selain bidang pendidikan, kami pun berharap di Desa Pasir ini lebih meningkatkan pendidikan seni dan sosial maupun pendidikan-pendidikan yang lainnya,” imbuh salah satu mahasiswa KKN.

Sementara itu Kepala Desa Pasir, Dimul Susanto, mengaku sangat terharu dalam acara perpisahan ini. Menurutnya selama mereka melakukan KKN di wilayahnya, para mahasiswa ini selalu menanam kebaikan. Selain itu, para mahasiswa ini pun membimbing dan memberikan motivasi dalam peningkatan sumber daya manusia.

“Disamping para mahasiswa ini menimba pengalaman, mereka pun selama melakukan KKN selalu menitipkan kebaikan-kebaikan. Selain itu mereka pun selalu memberikan motivasi kepada kami untuk terus meningkatkan sumber daya manusia, ” katanya.

Sekretaris Desa Pasir, Toyib, juga mengungkapkan hal serupa. “ Kami selaku pemerintah desa merasa sangat terbantu dengan kehadiran para mahasiswa ini. Mereka selalu membantu kami dalam bidang administrasi. Mereka juga mengajari kami bagaimana cara mengoperasikan komputer yang benar. Terlebih, di bulan agustus ini banyak sekali kegiatan yang mereka lakukan, seperti pelaksanaan lomba-lomba, sampai mempersiapkan kegiatan upacara hingga semua itu dapat terlaksana dengan baik dan lancar” ujarnya

Kepala Desa Pasir berpesan bahwa dengan bekal pengalaman mereka selama satu bulan lebih  ini, mereka bisa mengembangkan ilmu yang didapat selama KKN di Desa Pasir. Jadilah orang yang berguna untuk nusa dan bangsa.

“Setelah pulang dari Pasir, jangan lupakan kami. Kenanglah kami di hati kalian. Kalian adalah bagian dari masyarakat Pasir. Kalian adalah keluarga kami. Selesaikan pendidikan di Kampus kalian, kemudian raihlah cita-cita kalian setinggi mungkin hingga kalian menjadi orang-orang yang bermanfaat untuk orang lain dan tentunya berguna bagi nusa dan bangsa, Terima kasih teman-teman KKN. Terima kasih Mawasiswa UNDIP. Terima kasih atas apa yang telah kalian berikan kepada kami. Terima Kasih untuk semuanya” ujar kepala desa sekaligus sambutan terakhirnya sebelum mereka saling bersalaman dan berpamitan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.