Menjelang bulan ramadhan, warga Rw 04 Dk. Pasir bergotong royong membersihkan masjid. Kegiatan tersebut dilakukan sesuai dengan arahan pengurus Masjid An Nurrohim, Ustad Anas Mahfud.

Tujuan dari kegiatan tersebut merupakan bentuk rasa syukur karena sebentar lagi akan dipertemukan dengan bulan suci ramadhan 1439 H. Dengan semangat kegotong royongan, semua warga dari berbagai elemen turut berpartisipasi. Menurut mereka, masjid yang bersih akan menjadikan ibadah semakin khusyu. Terlebih, di bulan ramadhan nanti kegiatan keagamaan akan dilaksanakan secara penuh di masjid tersebut. Mulai dari sholat berjamaah, sholat tarawih, tadarus, kuliah subuh, dan kegiatan kerohanian lain.

Darori, salah satu tokoh pemuda yang turut membantu kegiatan tersebut mengatakan, semua warga di Rw 04 sangat bahagia dengan datangnya bulan suci ini. Hal ini dibuktikan dengan kompaknya seluruh elemen masyarakat yang hadir membersihkan masjid. Tidak pandang jabatan, semua berbaur menjadi satu.

“Sebagian warga ada yang membersihkan lantai bawah, halaman depan, dan sebagian lagi ada yang berada di lantai atas”. Ujarnya

Pengurus masjid An Nurrohim, Ust. Anas Mahfud mengatakan, kegiatan bersih-bersih masal seperti ini dilaksanakan rutin setiap tahun menjelang bulan ramadhan. Hal ini dilakukan agar keadaan masjid menjadi semakin bersih. Selain membersihkan masjid, juga dilakukan pengecatan dibeberapa tembok yang warnanya sudah memudar. Harapannya selain keadaan menjadi bersih, masjid juga akan semakin terlihat cerah.

“Utamanya dibagian atas dan kubahnya yang setiap hari terkena hujan dan panas, tentu banyak debu dan kotoran yang menempel, sehingga perlu dibersihkan secara total”, Tambahnya

Selain di Rw 04, warga di Rw lain juga tidak ketinggalan melaksanakan kegiatan serupa. Hal ini sudah menjadi tradisi di Desa Pasir. Membersihkan masjid secara total menurut warga desa adalah salah satu bentuk penyambutan datangnya bulan suci ramadhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.