WSIS atau World Summit on the Information Society, merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan oleh PBB guna memberikan penghargaan bagi para kreator TIK, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Saat ini, ada 17 inisiatif dari Indonesia yang berhasil masuk sebagai nominator dalam ajang tersebut. Salah satunya adalah PUSPINDES (Pusat Pemberdayaan Informatika dan Pedesaaan) dari Pemalang, Jawa Tengah.

PUSPINDES masuk sebagai salah satu nominator dengan kategori 3 Access to information and Knowledge. Di kategori 3 ini PUSPINDES harus bersaing dengan 27 nominator lain dari berbagai negara.

Masuknya PUSPINDES sebagai nominator WSIS ini merupakan bukti bahwa secara global karya Indonesia setara dengan negara lain yang ada di dunia. Keberadaan PUSPINDES saat ini memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Kiprahnya sebagai pemberdaya IT desa di Kabupaten Pemalang sudah sangat jauh. Berbagai hasil karya-karyanya banyak memberikan manfaat khususnya bagi pemerintahan di desa. Saat ini, bisa dikatakan semua desa di kawasan Pemalang sudah melek IT.

Dalam ajang WSIS ini, PUSPINDES tengah membutuhkan vote agar dapat melaju ke babak berikutnya. Untuk itulah, Pemerintah Desa Pasir mengajak seluruh netizen Indonesia untuk melakukan vote secara online melalui situs https://s.id/pilihindonesia dengan batas waktu hingga 18 Februari 2018. Adapun prosesi upacara penyerahaan penghargaan bagi winner maupun champion akan dilaksanakan saat Sidang WSIS Forum 2018 di Jenewa, diserahkan langsung oleh Sekjen ITU, antara 19 – 23 Maret 2018.

“Ini merupakan kesempatan yang langka bagi desa, khususnya PUSPINDES sebagai pemberdaya IT desa untuk menunjukkan kepada dunia bahwa wong ndeso pun mampu go internasional. Kami mengharapkan Indonesia bisa satu suara mendukung nominator dari Indonesia khususnya PUSPINDES” ujar Kepala Desa Pasir.

Adapun cara untuk melakukan vote adalah dengan masuk ke situs https://s.id/pilihindonesia, kemudian meregistrasikan username dan email. Setelah teregistrasi kemudian login melalui akun dan email yang telah diregistrasikan Lalu pilih kategori 3 dan vote PUSPINDES.

Mari bersama-sama mendukung PUSPINDES sebagai karya inisiatif anak bangsa yang sangat membanggakan Indonesia. Satu vote sangat berarti. Desa Bisa, Indonesia Bisa. Saatnya Desa Bersuara Untuk Dunia, PUSPINDES Go International.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.