Safari Maulid, merupakan sebuah kegiatan tahunan yang digagas oleh Panitia Peringatan Hari Besar Islam Desa Pasir, sebagai bentuk rasa syukur dan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari besar islam yaitu Maulid Nabi Muhammad SAW yang akan jatuh pada hari jum’at, 1 Desember 2017 ( 12 Rabiul Awal 1439 H).

Maulid Nabi merupakan sebuah kegiatan untuk memperingati hari lahir Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada 12 Rabiul Awal dalam penanggalan hijriah. Setiap tahunnya umat muslim memperingatinya dengan kegiatan marhabanan (berjanjenan). Marhabanan ini dilakukan kurang lebih 12 hari sebelum tanggal 12 Rabiul awal. Kegiatan berupa pembacaan kitab barjanzi yang dilakukan setiap malam setelah sholat isya.

Kegiatan Safari Maulid di Desa Pasir ini sendiri merupakan kegiatan inisiatif yang digagas oleh para pemuda dan santri yang tergabung dalam Panitia Peringatan Hari Besar Islam. Dengan tujuan untuk memeriahkan dan sebagai bentuk kerinduan kepada Nabi Muhammad SAW.

Kegiatan Safari Maulid
Kegiatan Safari Maulid

 

 

 

 

 

 

Kegiatan ini sendiri ini sudah berjalan selama dua tahun. Setelah sukses di tahun pertama yaitu tahun 2016, tahun ini seluruh masyarakat Desa Pasir menyambutnya dengan antusias. Hal ini terbukti dengan banyaknya masyarakat yang turut hadir menghadiri, disamping para santri dan pemuda. Tidak ketinggalan beberapa aparatur perangkat desa dan kepala desa juga turut meramaikan.

Setiap malamnya, para santri dan pemuda dari masing-masing Dukuh/RT menyambangi mushola dan masjid yang ada sesuai dengan jadwal yang telah diagendakan. Secara beramai-ramai mereka datang ke mushola dan masjid, dan dari pihak tuan rumah (masjid/mushola) yang ditempati berkewajiban menyambutnya dan menyuguhkan jamuan. Dalam rencananya, semua mushola dan masjid yang ada di Desa Pasir secara bergiliran mendapat jatah untuk menjadi tuan rumah

Puncak dari kegiatan ini nanti rencananya akan diadakan kegiatan berupa pengajian, dengan menghadirkan kyai atau ulama untuk memberikan tausiah.  Ketua panitia, Ustad Sulaiman mengatakan bahwa dirinya sangat berterima kasih kepada semua pihak, khususnya pemerintahan desa yang telah mendukung terlaksananya acara ini. Ia berharap kegiatan ini dapat berjalan lancar sampai nanti puncak acara yang akan jatuh pada 1 desember 2017.

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.