Hari ini, selasa (17/10), seluruh KPMD dari semua unsur dengan didampingi Sekretaris dan Bendahara Desa telah selesai melaksanakan Rapat Koordinasi yang bertempat di Balai Desa Kesesirejo Kec. Bodeh.

Kegiatan ini merupakan agenda lanjutan dari kegiatan pembekalan KPMD dan Sekretaris Desa yang dilaksanakan beberapa bulan lalu di Balai Desa Kebandaran.

Kegiatan dibuka dengan sambutan dan pengarahan dari Ibu Sri selaku kasi PMD Kecamatan Bodeh. Beliau menyampaikan apresiasi kepada seluruh KPMD yang telah hadir mengikuti kegiatan ini, serta jajaran pemerintahan desa yaitu Sekretaris dan Bendahara Desa atau yang mewakili. Beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan sebuah wadah bagi KMPD untuk mengkoordinasikan setiap ide dan gagasan maupun program kerja dengan pemerintahan desa.

“KPMD sebagai kader muda harus mampu membantu pemerintahan desa dalam mengembangkan segala potensi yang ada, serta menuangkan ide dan gagasan demi kemajuan desa, baik di bidang pembangunan, pemberdayaan, bidan IT, maupun bidang-bidang yang lain” Ujarnya. Beliau juga menghimbau agar masing-masing desa segera mengumpulkan PKD musrenbangdes yang telah dilaksanakan di masing-masing desa beberapa hari yang lalu.

sambutan Ibu Sri, selaku kasi PMD kecamatan Bodeh

Di sela-sela acara, Siswanto selaku perwakilan KPMD dari Desa Kesesirejo juga menyampaikan aspirasinya, yaitu agar seluruh KPMD se Kecamatan Bodeh dibuatkan seragam berupa jaket. Usulan ini disambut antusias oleh KPMD dari masing-masing desa. Hanya saja usulan ini masih harus di koordinasikan kembali dengan pemerintah desa, sehingga dari pihak kecamatan, Ibu Sri masih belum dapat menyetujuinya mengingat anggaran yang ada juga sudah minim.

Koordinator sekdes se Kecamatan Bodeh juga memberikan sambutannya. Dalam sambutannya beliau menyampaikan salah satu momen besar yang akan dilaksanakan di Kabupaten Pemalang, yaitu seleksi pengangkatan perangkat desa. Beliau berharap bagi anggota KPMD yang akan mengikuti seleksi perangkat ini agar mempersiapkan sesuatunya dengan baik dan matang. Beliau berkeyakinan besar bahwa peluang bagi KPMD yang akan berkiprah di pemerintahan desa sangat besar, karena secara tidak disadari KPMD telah banyak berbaur dengan pemerintahan desa.

Acara inti diisi oleh Triyanto Yuliarso dari dispermades Kabupaten Pemalang. Beliau memberikan apresiasi yang luar biasa karena Bodeh merupakan Kecamatan yang pertama kali mengadakan kegiatan seperti ini di Kabupaten Pemalang.

Serupa dengan pengarahan dari Ibu Sri, Bapak Triyanto juga menyampaikan bahwa perlunya koordinasi yang matang antara KPMD dengan Pemerintahan Desa. Keduanya harus berjalan sejajar agar setiap program kerja dapat terlaksana dengan baik.

“Mudah-mudahan kegiatan ini dapat menjadi motivasi bagi kecamatan lain untuk dapat mengadakan kegiatan serupa, mengingat pentingnya koordinasi antara KPMD dan pemerintahan desa sehingga dapat bekerja sejalur dan saling menopang” tambahnya.

Meskipun sempat terkendala masalah teknis, namun acara ini dapat berjalan sampai selesai tanpa masalah yang berarti. Acara kemudian ditutup dengan perkenalan dari sekcam Kecamatan Bodeh yang baru.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.