Hari ini, Kamis (19/10) pendaftaran lowongan perangkat desa resmi dibuka. Sesuai dengan pengumuman panitia pengangkatan perangkat desa Nomor : 140/2/PANGKAT/2017 tanggal 9 Oktober 2017, tentang Penerimaan Bakal Calon Perangkat Desa Pasir Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang Tahun 2017, bahwa jadwal pendaftaran atau penyerahan berkas lamaran di mulai tanggal 19 dan ditutup tanggal 28 Oktober 2017. Pelamar yang telah mengambil formulir untuk segera mengisi formulir dan melengkapi berkas persyaratan untuk kemudian segera diserahkan kepada panitia pada jam kerja.

Bagi pelamar yang belum mengambil berkas tidak perlu khawatir. Pasalnya panitia telah membuat kebijakan dengan memberikan toleransi pengambilan formulir sampai pengumuman pendaftaran ini resmi ditutup. Artinya, pelamar masih bisa mengambil formulir pendaftaran dari tanggal 19 s/d 28 Oktober 2017, walaupun dalam jadwal batas akhir pengambilan formulir hanya sampai tanggal 18 Oktober 2017. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat yang terlambat mendapatkan informasi masih mendapatkan kesempatan mengikuti proses seleksi ini. Tetapi panitia menghimbau agar calon peserta baik yang sudah melengkapi berkas maupun belum mengambil formulir untuk segera menyelesaikan semua persyaratan administrasi.

“Kalau sudah lewat tanggal 28 secara otomatis panitia tidak lagi melayani, baik penyerahan berkas maupun pengambilan formulir. Jadi, manfaatkan waktu yang ada. Semakin cepat semakin baik” Ujar Khaerudin selaku panitia pengangkatan perangkat desa.

Sejauh ini sudah ada 12 calon peserta yang sudah mengambil formulir. Tetapi tidak tertutup kemungkinan jumlah ini akan bertambah mengingat kebijakan panitia memberikan kelonggaran pengambilan berkas formulir sampai tanggal 28 Oktober 2017 atau saat ditutupnya pengumuman ini.

Peserta harus segera melengkapi berkas lamaran , diantaranya Surat Lamaran yang ditulis tangan, SKCK, Surat Keterangan dari Pengadilan Negeri, Akta kelahiran yang dilegalisir, FC KTP, FC KK, FC Ijazah yang dilegalisir, Surat Keterangan Kesehatan dari Rumah Sakit Daerah dan beberapa surat pernyataan bermaterai yang ditandatangani oleh Kepala Desa dan ketua RT/RW setempat. Semua berkas tersebut nantinya dimasukkan ke dalam stofmap berwarna sesuai dengan formasi yang diambil.

Panitia kemudian akan menyeleksi semua berkas lamaran dari calon peserta. Bagi pelamar yang lolos administrasi, berhak mengikuti tahapan selanjutnya. Sedangkan bagi pelamar yang berkasnya belum lengkap akan dikembalikan langsung kepada pelamar dan diberikan kesempatan sampai dengan penutupan pendaftaran. Panitia nantinya akan menetapkan peserta yang berhak mengikuti tahapan selanjutnya dan diumumkan kepada masyarakat.

Khaerudin menambahkan bahwa sampai saat ini antusias masyarakat yang ingin menjadi Aparatur Pemerintah Desa cukup terlihat. Hal ini terbukti dengan jumlah pelamar yang sudah mengambil formulir melebihi kuota dari lowongan yang ada, yaitu 3 formasi lowongan. Hal ini akan membuat persaingan cukup sengit mengingat calon peserta yang akan mengikuti seleksi mayoritas masih berusia muda dan ada beberapa yang berprofesi sebagai guru.

“Kami berharap semua calon peserta mempersiapkan segala sesuatunya dengan maksimal, baik dari segi kelengkapan administrasi maupun dari segi pengetahuan serta keterampilan” tambahnya.

Sekretaris Desa Bapak Toyib menambahkan bahwa calon peserta yang nantinya lulus administrasi agar segera mempersiapkan diri untuk mengikuti tahapan selanjutnya, yakni tes kesehatan, wawancara, komputer dan tes tertulis.

Panitia juga berharap semua proses ini nantinya akan berjalan dengan lancar tanpa ada suatu halangan, dan peserta yang terpilih menjadi perangkat desa adalah sosok yang loyal terhadap atasan, setia undang-undang dan Pancasila serta dapat menjadi panutan masyarakat luas.

Has one comment to “Pendaftaran Lowongan Perangkat Desa Pasir Hari Ini Resmi di Buka”

You can leave a reply or Trackback this post.
  1. fadli - 19 Oktober 2017 Balas

    bagus,transparan …
    semoga jangan cuma buat formalitas saja…
    dan semoga desa lain bisa meniru”

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.