Bertempat di Balai Desa Kebandaran, pada Selasa (22/8), telah dilaksanakan Pelatihan/Pembekalan bagi KPMD, Kaur Perencanaan dan Sekretaris Desa Se Kecamatan Bodeh. Acara ini digelar sebagai persiapan akan diadakannya musrenbangdes di tingkat desa.

Acara dibuka dengan sambutan Camat Bodeh. Beliau menyampaikan agar KPMD sebagai kader yang memiliki kesadaran dan motivasi yang tinggi dalam peranannya membantu pemerintahan desa. “Kinerja KPMD harus benar-benar maksimal dan lebih ditingkatkan, guna kelancaran pembangunan di desa” ujarnya.

Camat Bodeh memberikan sambutan

Beliau juga menambahkan bahwa pelaksanaan musrenbangdes akan dilaksanakan pada awal September, untuk itu setiap desa agar segera mempersiapkan dengan sebaik-baiknya.

Materi pertama disampaikan oleh Bapeda. Dalam isinya narasumber menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan perencanaan pembangunan daerah Kabupaten Pemalang tahun 2017. Dilanjutkan materi yang kedua yaitu dari Dispermades Kabupaten Pemalang.  Narasumber menyampaikan beberapa poin penting, yaitu agar setiap desa segera menindaklanjuti 45 buku administrasi desa. Beliau juga menyampaikan tentang RKP (Rencana Kerja Pemerintah) Desa.

“Pengajuan usulan RKP ke Kecamatan paling lambat tanggal 31 Desember” Ujar Ahmad Sutoto selaku narasumber dari Dispermades

Materi yang ke 3 disampaikan setelah istirahat, yaitu dari UPU wilayah 5 Kabupaten Pemalang yang berisi materi bagaimana proses pembuatan RAB. Narasumber menyampaikan hal-hal yang sangat bermanfaat . Beliau mengharapkan agar setiap desa aktif berkoordinasi dengan pihak UPU, sehingga masing-masing desa dapat membuat RAB dengan baik dan benar.

Tim dari Puspindes, sebagai narasumber terakhir menjelaskan pentingnya administrasi desa. Hal tersebut berkaitan dengan penginputan data Sidekem(Sistem Informasi desa dan kawasan pemalang). Dimana Sidekem merupakan sebuah aplikasi yang dapat memudahkan bagi aparatur pemerintahan desa dalam mengelola administrasi desa, salah satunya yaitu pembuatan surat menyurat yang dapat langsung dicetak melalui aplikasi Sidekem.

Sebagai penutup, Bapak Yana sebagai koordinator KPMD di wilayah bodeh menyampaikan harapannya agar setiap desa dapat aktif dalam mengelola website desanya.

“Setiap admin website desa agar aktif mengisi konten berita di masing-masing desanya, karena hal ini sebagai media informasi bagi masyarakat. Lakukan pertemuan rutin bagi KPMD agar semua pekerjaan dapat terkoordinasi dengan baik” Tegasnya.

 

3 comments to “Pelatihan/Pembekalan Bagi KPMD, Kaur Perencanaan dan Sekretaris Desa Se Kecamatan Bodeh”

You can leave a reply or Trackback this post.
  1. Alpianti - 4 Mei 2018 Balas

    tujuan utama dilakukan pelatihan ini untuk apa?

  2. Alpianti - 4 Mei 2018 Balas

    Tujuan dilakukan pelatihan seperti ini untuk apa?

    • AdminDesa - 4 Mei 2018 Balas

      Untuk meningkatkan kapasitas KPMD sebagai mitra kerja pemerintahan desa, serta memaksimalkan peran KPMD dalam memajukan desa 🙂 Terima kasih. Jika berkenan silahkan mengisi survey website ya… 🙂 AdminDesa

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.