Pemasangan infografis APBDes tahun 2019 yang dilakukan oleh Pemerintah Desa beberapa waktu yang lalu, menjadi bukti transparansinya pengelolaan keuangan yang bersumber dari dana desa. Dalam infografis tersebut, secara jelas dipaparkan sumber pendapatan desa serta alokasi pembelanjaan yang digunakan selama tahun 2019.

Sekretaris Desa Pasir, Toyib mengharapkan agar masyarakat dapat memanfaatkan infografis yang terpasang di halaman Balai Desa Pasir tersebut dengan mencermati pemasukan dan pengeluaran keuangan, sehingga tidak menimbulkan prasangka buruk kepada Pemerintah Desa, terutama dalam hal keuangan.

Menurutnya, keuangan merupakan hal yang paling sensitif, sehingga keberadaan infografis tersebut diharapkan dapat menjawab keraguan masyarakat terhadap penggunaan keuangan di desa.

“Kami selaku pemerintah desa mengajak kepada masyarakat untuk mencermati infografis APBDes tersebut, adapun kalau ada yang kurang puas, silahkan bisa langsung menanyakan ke kami,” Ujar Toyib

Keberadaan papan infografis tersebut tentu bukan semata-mata sebagai pajangan belaka. Infografis tersebut menjadi konsumsi publik dan merupakan jawaban dari rasa penasaran masyarakat yang ingin tahu aliran dana desa selama ini.

“Pemerintah desa sudah memfasilitasi, tinggal masyarakat mau memanfaatkan atau tidak.” Tambahnya

Papan infografis yang berada di halaman Balai Desa tersebut rencananya akan terus dipasang hingga seluruh pelaksanaan pembangunan selesai. Secara berkelanjutan, Pemerintah Desa akan terus berupaya menginformasikan APBDes kepada masyarakat, baik melalui papan infografis maupun melalui webiste desa yang dapat diakses setiap saat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.