Dalam rangka meningkatkan nilai pendidikan agama, siswa-siswi MTs Daarul Istiqomah Pasir rutin menggelar gerakan membaca hafalan asmaul husna dan surat pendek Al Qur’an selama 15 menit menjelang kegiatan belajar mengajar dimulai.

Kegiatan tersebut rutin dipraktikkan setiap pagi, sekitar pukul 07.00 setelah do’a bersama yang dipimpin oleh ketua kelas masing-masing. Para siswa ini membaca asmaul husna dan surat pendek secara bersama-sama, dilanjutkan dengan pembacaan sholawat.

Menurut Kepala MTs, Sri Puji Sulistyowati, S. Pd, kegiatan tersebut merupakan bentuk latihan disiplin kepada siswa untuk lebih meningkatkan keimanan kepada Allah SWT. Melalui pembacaan asmaul husna dan surat pendek Al Qur’an, para siswa diharapkan dapat menjadi pribadi yang lebih baik dan taat kepada agama.

“Kami berharap siswa-siswi MTs terbiasa dengan kegiatan yang dilaksanakan tiap pagi tersebut, sehingga mereka akan melakukan hal yang sama ketika dirumah.” Ujar Sri Puji.

Selain itu, kegiatan pembacaan asmaul husna dan surat pendek tersebut tentunya sejalan dengan salah satu program pemerintah, yaitu pengembangan literasi di sekolah. Program tersebut menganjurkan agar para siswa dibiasakan melakukan kegiatan literasi atau membaca sebelum kegiatan belajar mengajar berlangsung.

“Karena basic kami adalah sekolah agama (madrasah), maka kami lebih menekankan kepada mereka untuk terbiasa membaca surat pendek. Mudah-mudahan siswa akan terbiasa membaca surat pendek-surat pendek  yang lain ketika dirumah, syukur-syukur bisa menghafal Al Qur’an.” Tambah Kepala MTs yang biasa akrab di panggil Bu Sri.

Selain kegiatan membaca asmaul husna dan surat pendek,  sekolah yang berdiri sejak tahun 2004 tersebut juga rutin melaksanakan sholat duha dan sholat duhur berjamaah. Sholat duha dilaksanakan menjelang istirahat jam pertama , yaitu pukul 09.00. Biasanya, sholat duha dilaksanakan secara bergiliran sesuai dengan tingkatan kelas. Adapun untuk sholat duhur dilaksanakan sebelum istirahat ke 2, yaitu jam 12.00. Sholat duhur dilaksanakan secara bersama-sama oleh seluruh siswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.