KPMD atau Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa merupakan sebuah wadah bagi pemuda maupun tokoh masyarakat di Desa untuk ikut berpartisipasi mengabdikan dirinnya demi kemajuan sebuah desa.

Peran KPMD pada sebuah desa sejatinya sangat penting. Selain sebagai penyumbang ide dan aspirasi, KPMD juga bisa menjadi mitra bagi pemerintah desa, baik dalam hal perencanaan pembangunan, pelaksanaan, sampai pada proses pelaporan.

Namun, seiring berjalannya waktu, peran KPMD saat ini agaknya kurang mendapat perhatian, baik dari pemerintah desa maupun dari pemerintah pusat. Keterlibatannya di Desa semakin jarang. Mungkin hanya berapa persen KPMD dalam lingkup kecamatan ataupun Kabupaten bahkan mungkin Provinsi yang benar-benar diberdayakan secara maksimal.

Kalau menilik dari sudut pandang kader KPMD itu sendiri, perannya di Desa memang dirasa masih sangat kurang. Yang namanya kader memang sudah seharusnya menjadi sosok yang mau mengabdikan dirinya dengan penuh keikhlasan demi kemajuan desanya. Menjadi kader bukan sebuah hal yang sulit, tapi juga bukan perkara mudah. Perlu adanya kesadaran dalam diri.

Sering bentroknya jadwal kegiatan KPMD dengan pekerjaan utama para kader ini juga dinilai menjadi faktor yang menyebabkan kurang maksimalnya peran mereka di Desa. Terkadang kegiatan-kegiatan KPMD baik di lingkup Desa maupun Kecamatan berbarengan dengan tugas pokok mereka (dalam hal ini pekerjaan pokok) sehingga mereka akan lebih memilih pekerjaan ketimbang kegiatan KPMD.

Kader itu kegiatan sampingan. Mereka akan melakukan manakala mereka senggang dan tidak ada tugas lain. Tidak bisa dipungkiri, seorang kader juga manusia biasa yang membutuhkan asupan dana untuk kehidupan mereka.

Kalau sudah seperti ini, apakah KPMD masih layak untuk dilanjutkan sebagai mitra pemerintah desa, ataukah diberhentikan karena dirasa masih sangat kurang efektif? Atau, tetap dilanjutkan tetapi hanya sebagai pemanis dan ikut andil dalam meramaikan struktur kelembagaan desa?

Mungkin saat ini kita belum menemukan jawaban yang tepat. Biarlah terjawab dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Pada intinya, dibutuhkan sosok yang benar-benar mau mengabdi untuk desa dengan penuh keikhlasan, konsisten dan berkelanjutan. Selain itu, pemerintah desa dan pemerintah pusat juga harus benar-benar memperhatikan meraka, terutama dalam hal kesejahteraan. Timbal balik yang seimbang mungkin bisa menjadi solusi terbaik saat ini.

oleh tokoh KPMD Desa Pasir

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.