Tes Wawancara Bagi Calon Perangkat Desa Berjalan Lancar

Sebanyak 12 calon Perangkat Desa Pasir hari ini (13/11/2017) mengikuti  tes wawancara. 12 calon perangkat desa ini merupakan calon yang telah dinyatakan lolos tes kesehatan yang dilaksanakan kemarin (7/11) di Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang. Tidak ada peserta yang dinyatakan gugur dalam tes kesehatan.

 

 

 

 

Tes wawancara dilaksanakan di sebuah ruangan dengan di pantau langsung oleh BPD, Pendamping Desa, dan dari Polsek Bodeh Bapak Apri. Adapun tim yang bertugas mewawancarai adalah ketua panitia dengan didampingi anggotanya.  Tes dilaksanakan secara bergantian sesuai nomor urut. Masing-masing calon ini sebelumnya telah mengambil nomor urut yang diundi. Hal ini dilakukan agar adil dan tidak ada yang merasa dirugikan.

Toyib selaku sekretaris panitia pengangkatan perangkat desa mengatakan tes wawancara ini dilaksanakan secara jujur, transparan dan apa adanya.

“Dalam tes wawancara ini semua calon kami berlakukan sama, secara transparan. Jadi tidak ada diskriminasi dalam wawancara kepada calon perangkat desa” Ujarnya

Beliau juga menambahkan bahwa hasil dari tes wawancara ini akan diumumkan besok hari selasa, sekaligus penyampaian undangan kepada para calon yang lolos untuk mengikuti tes selanjutnya yaitu tes pidato yang akan dilaksanakan hari Rabu (15/11/2017)

Sementara itu kepala Desa Pasir Dimul Susanto ketika dikonfirmasi menjelaskan, tes wawancara yang di selenggarakan ini semata-mata bertujuan agar panitia dapat menilai seberapa jauh kesiapan para peserta, mengingat wawancara merupakan satu-satunya tes yang dapat digunakan untuk melihat kepribadian seseorang, karena tim penguji akan langsung berhadapan dengan peserta sehingga dapat dilihat bagaimana para peserta ini menjawab pertanyaan, bagaimana sikap tubuhnya, dan bagaimana cara mereka mengatasi keadaan.

“Kepribadian seseorang bisa dilihat dari cara bicara dan dari setiap jawaban pertanyaan. Sehingga tes wawancara ini sangat menentukan bagi panitia untuk memilih siapa yang layak. Walaupun sebetulnya tes wawancara ini bukan final tetapi dapat dijadikan patokan.” Jelasnya

Adapun untuk materi tes wawancara meliputi ideologi pancasila, wawasan kebangsaan, motivasi, dan rencana ke depan apabila terpilih menjadi perangkat desa.

Beberapa calon peserta yang masih menunggu antrian terlihat sibuk menyiapkan diri. Semua peserta tentu telah mempersiapkan dengan matang.   Meskipun demikian, beberapa peserta masih terlihat tegang. Beberapa dari mereka mencoba menghilangkan ketegangan dengan sesekali mengobrol dengan peserta lain.

“Sedikit tegang, tapi insya allah nanti saya bisa menjawab semua pertanyaan-pertanyaan dari panitia. Semoga saja lancar dan tidak ada kendala” Ujar salah seorang calon

Bagi calon yang nantinya dinyatakan lolos tes wawancara tentunya harus mempersiapkan diri mengikuti tes pidato, karena bisa dikatakan tes pidato ini memiliki tingkatan yang lebih sulit dari tes wawancara. Menurut Toyib, tes pidato yang akan dilaksanakan pada hari rabu ini rencananya akan dilaksanakan bersamaan dengan ujian komputer, tetapi itu juga melihat situasi dan kondisi.

“Tes komputer juga akan dilaksanakan dalam satu waktu bersamaan dengan tes pidato. Itu kalau waktunya ada, kalau tidak ya nanti tes komputer kita laksanakan lain hari.” kata sekretaris panitia yang juga menjabat sebagai sekdes.

Sekitar pukul 15.30, seluruh calon telah selesai mengikuti wawancara. Selanjutnya seluruh panitia langsung mengadakan rapat untuk menentukan calon yang lolos dan berhak mengikuti tes selanjutnya

 

 

 

 

6 comments to “Tes Wawancara Bagi Calon Perangkat Desa Berjalan Lancar”

You can leave a reply or Trackback this post.
  1. Rani S - 17 Mei 2018 Balas

    apa saj ates yag dilakukan??

    • AdminDesa - 17 Mei 2018 Balas

      Untuk tes secara keseluruhan ada tes komputer, tes praktik pidato, tes kesehatan, tes wawancara, dan tes tertulis.

  2. Rahma - 9 September 2018 Balas

    Syarat-syarat administrasi ( berkas dll) apa aja ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published.Email address is required.